GARIS BESAR TUGAS SEORANG
PURCHASING
Definisi
Managemen Pembelian
Pembelian (purchasing) adalah suatu
proses pencarian sumber dan pemesanan barang atau jasa untuk membantu fungsi
prosuksi dalam kegiatan prosuksinya. Bagian yang menangani atau melakukan
pembelian ini adalah Purchasing Department (Bagian Pembelian) atau biasa juga
disebut Procurement Department (Bagian Pengadaan).
Proses pembelian adalah tindakan-tindakan yang
dilakukan secara berurutan dalam kegiatan pembelian, atau kegiatan-kegiatan yang
biasa dilakukan oleh bagian pembelian.
Peran Pembelian Dalam Perusahaan, Yaitu:
A. Salah Satu Fungsi Penting Dalam
Bisnis
Dalam perusaan selalu ada 6 fungsi
pokok yang dijalankan, yaitu creation function (Pencipta ide atau gagasan),
finance function (Pengumpul, perencana dan pengawas keuangan), personnel
function (Pengelola sumber daya manusia), purchasing function (Pengadaan
barang/jasa), conversion function (Pengubah bahan produksi) dan distribution
function (Penjualan barang/jasa yang dihasilkan).
Tanpa adanya salah satu fungsi diatas, sulit bagi
perusahaan untuk dapat beroperasi dengan lancar. Sesuai dengan skala perusahaan
beberapa bagian tersebut biasannya dapat dirangkap oleh satu atau dua bagian,
tetapi bagian tersebut tetap harus ada dalam suatu perusahaan demi kelancaran
perusahaan itu sendiri.
B. Salah
Satu Elemen Pokok Dalam Proses Produksi
Tujuan dasar dari aktifitas suatu
perusahaan adalah mengembangkan dan memproduksi barang yang dapat dipasarkan
dengan memperoleh laba yang maksimal. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan
interaksi yang tepat dari 5 elemen yg biasa dikenal 5M, yaitu Machines,
Manpower, Materials, Money and Management.
Materials atau barang-barang
merupakan daerah kehidupan suatu perusahaan, dimana barang tersebut dapat
berupa bahan baku yang nantinya akan diolah menjadi produk yang siap
dipasarkan. Tanpa adanya managemen yang baik dalam mengelolah pembelian barang
ini maka akan berdampak serius bagi suatu perusahaan. Barang-barang tersebut
harus tersedia dengan mutu yang berkualitas, sesuai dengan waktu yang
dibutuhkan, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dan dengan harga yang
sesuai/layak.
C. Sebagai Bagian Yang Bertanggungjawab Outside Manufacturing
Hasil prosuksi suatu perusahaan pada
umumnya berasal dari 2 jenis sumber, yaitu buatan sendiri atau dibeli dari
perusahaan lain. Bahan yang dibeli oleh bagian pembelian adalah bahan baku atau
bahan setengah jadi. Dari proses pembelian yang dilakukan oleh bagian pembelian
inilah yang nantinya akan mempengaruhi hasil produksi suatu perusahaan atau
dengan kata lain bagian pembelian adalah bagian yang bertanggung jawab atas
Outside Manufacturing dan bagian produksi bertanggung jawab atas Inside
Manufacturing.
D. Sebagai Profit Centre Perusahaan
Bagian pembelian dapat dikatakan
sebagai profit centre karena bagian ini dapat meningkatkan keuntungan bagi
perusahaan. Pada awalnya bagian pembelian dianggap sebagai cost centre, karena
bagian ini merupakan bagian yang selalu mengeluarkan biaya. Tetapi ketika
bagian ini menekan sedikit pengeluaran dari proses pembelian yang dilakukannya,
maka bagian ini dapat meningkatkan jumlah keuntungan yang didapat suatu
perusahaan.
E. Sebagai Fungsi Strategis Perusahaan
Fungsi pembelian dikatakan fungsi strategis dalam
perusahaan karena merupakan fungsi fital dalam suatu perusahaan dan merupakan
fungsi yang juga dapat mempengaruhi keuntungan dari perusahaan.
Prinsip Dalam Manajemen Pembelian, Yaitu:
Ø The Right Price
Salah satu dari prinsip managemen pembelian adalah the
right price. The right price merupakan nilai suatu barang yang dinyatakan dalam
mata uang yang layak atau yang umum berlaku pada saat dan kondisi pembelian
dilakukan.
Ø The Right Quantity
Jumlah yang tepat dapat dikatakan sebagai suatu jumlah
yang benar-benar diperlukan oleh suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.
Ø The Right Time
The right time menyangkut pengertian bahwa barang
tersedia setiap kali diperlukan. Dalam hal ini persediaan barang haruslah
diperhitungkan karena jika ada persediaan barang tentunya ada biaya perawatan
barang tersebut.
Ø The Right Place
The right place mengandung pengertian bahwa barang
yang dibeli dikirimkan atau diserahkan pada tempat yang dikehendaki oleh
pembeli.
Ø The Right Quality
The right quality adalah mutu barang yang diperlukan
oleh suatu perusahaan sesuai dengan ketentuan yang sudah dirancang yang paling
menguntungkan perusahaan.
Ø The Right Source
The right source mengandung pengertian bahwa barang
berasal dari sumber yang tepat. Sumber dikatakan tepat apabila memenuhi
prinsip-prinsip yang lain yaitu the right price, the right quantity, the right
time, the right place, and the right quanlity.
Pada perkembangan purchasing
managemen, prinsip-prinsip pembelian tidaklah jauh berbeda, ini membuktikan
bahwa hal-hal diatas merupakan sebuah prinsip.
Sumber : http://database-artikel.blogspot.com/2011/05/managemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar